Selamat Datang Disitus Resmi Kabupaten Mamberamo Raya Provinsi Papua

APBD Mamberamo Raya Terus Meningkat

Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa A.Ks. S.Sos membacakan LKPJ tahun anggaran 2018 dihadapan sidang paripurna

Dari Sidang LKPJ Bupati TA 2018

BURMESO – Grafik penerimaan keuangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Mamberamo Raya, terus menunjukan peningkatan yang positif dari tahun ke tahun, demikian halnya yang terjadi di tahun 2018, dimana ada tren peningkatan yang relatif bagus dibandingkan tahun anggaran sebelumnya yakni 2017.

Hal itu antara lain yang terungkap dari sidang paripurna di DPRD Mamberamo Raya, dengan agenda laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah atas pelaksanaan pembangunan Tahun Anggaran (TA) 2018 yang digelar di Kantor DPRD di Burmeso, Senin 19 Agustus 2019

DPRD Kabupaten Mambramo Raya menggelar sidang paripurna laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah atas pelaksanaan pembangunan Tahun Anggaran 2018 yang digelar di Kantor DPRD di Burmeso senin (19/8).

Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa A.Ks. S.Sos dalam laporannya yang dibacakan dihadapan paripurna yang antara lain juga sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), juga dihadiri Kapolres Mambramo Raya AKBP. Aleksander Louw, SH, Perwira Penghubung Kodim 1712 Sarmi, Sekda, sejumlah anggota DPRD, serta undangan lainnya dari instansi pemerintah, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda Kabupaten Mambramo Raya, menyatakan, adalah kewajiban kepala daerah untuk menyampaikan hasil kerjanya selama setahun terakhir.

Dia memaparkan, total pendapatan daerah Tahun Anggaran 2018 seluruhnya sebesar Rp.1.068.117.879.343,58 (Satu Triliun Enam Puluh Delapan Milyar Seratus Tujuh Belas Juta Delapan Ratus Tujuh Puluh Sembilan Ribu Tiga Ratus Empat Puluh Tiga Koma Lima Puluh Delapan Rupiah), Bertambah sebesar Rp, 4.594.365.700,58 (Empat Milyar Limar Ratus Sembilan Puluh Empat Juta Tiga Ratus Enam Puluh Lima Ribu Tujuh Ratus Koma Lima Puluh Delapan Rupiah) atau 0,43 % (Nol Koma Empat Puluh Tiga persen) dari realisasi Pendapatan Tahunan Anggaran 2017 sebesar  Rp.1.063.523.513.643,00 (Satu Triliun Enam Puluh Tiga Miliar Lima Ratus Dua Puluh Tiga Juta Lima Ratus Tiga Belas Ribu Enam Ratus Empat Puluh Tiga Rupiah).

Jumlah realisasi Belanja dan Transfer Daerah Kabupaten Rp. Mamberamo Raya tahun anggaran 2018  sebesar  1.120.008.310.296,40 (Satu Triliun Seratus Dua Puluh Miliar Delapan Juta Tiga Ratus Sepuluh Ribu Dua Ratus Sembilan Puluh Enam Koma Empat Puluh Rupiah) mengalami Peningkatan sebesar Rp. 116.054.723.334,40 (Seratus Enam Belas Miliar Lima Puluh Empat Juta Tujuh Ratus Dua Puluh Tiga Tiga Ratus Tiga Puluh Empat Koma Empat Puluh Rupiah) atau 11,56% (Sebelas Koma Lima Puluh Enam Persen) dari realisasi Belanja Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp. 1.003.953.586.962,00 (Satu Triliun Tiga Miliar Sembilan Ratus Lima Puluh Tiga Juta Lima Ratus Delapan Puluh Enam Ribu Sembilan Ratus Enam Puluh Dua Rupiah).

Meski begitu, Bupati tak menampik mengenai kinerja pemerintah daerah tertuang didalam dokumen LKPJ akhir tahun 2018 masih terdapat banyak kekurangan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan kabupaten Mambramo Raya, pandangan dan evaluasi dari DPRD Mambramo Raya akan dijadikan bahan kajian di masa mendatang.

Selanjutnya LKPJ tersebut akan dibahas oleh DPRD sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan dan akan disampaikan rekomendasi DPRD kepada Kepala Daerah, dalam rangka untuk perbaikan penyelenggaraan Pemerintahan di tahun anggaran berikutnya.
“APBD tahun Anggran 2018 sebagai refleksi formal penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, secara garis besar terdiri dari 3 komponen anggran, yaitu Pendapatan Daerah, Balanja Daerah dan Pembiayaan. Pengelolaan keuangan daerah telah diupayakan berdasarkan prinsip-prinsip taat pada peraturan perundang-undangan, tertib, efisien, efektif, ekonomis, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan dengan memperhatikan azas keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat yang implementasinya telah disesuiakan dengan amanah perundangan,” papar Bupati Dasinapa.

“Dengan melihat perkembangan kondisi perekonomian daerah secara rilil, beberapa pos pendapatan daerah tahun 2017 targetnya dilakukan koreksi peningkatan,” katanya lagi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Dasinapa juga berharap selalu tercipta ada sinergitas antara eksekutif dan legislatif,  agar menyatukan tekad dan langkah bersama untuk melakukan perubahan, guna mewujudkan masyarakat Mamberamo Raya yang aman, cerdas, sehat, mandiri,sejahterah yang dilandasi iman dan budaya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Mamberamo Raya Mada Marlince Rumaikewi, S. Si, M. Hum, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah terutama Bupati karena telah hadir pada rapat paripurna LKPJ tersebut.

“Semoga dalam paripurna LKPJ yang akan disampaikan, kiranya kita dewan dapat melihat secara maksimal penggunaan anggaran tahun 2018 sebaik mungkin, agar ada kekurangan bisa diperbaiki dan menjadi masukan bagi pemerintah daerah kesepian agar bisa lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah,” ucapnya. (kominfo)