Selamat Datang Disitus Resmi Kabupaten Mamberamo Raya Provinsi Papua
  • August 28, 2018
  • Comments Off on Foto

Foto

Tanah Papua selalu menyimpan sejuta pesona. Keindahan alamnya bagai permata yang susah didapatkan. Seperti Gunung Jaya Wijaya dengan salju yang menutupi puncak-puncaknya. Jika mendaki ke sini, kamu akan bertemu dengan danau di Papua yang kecantikannya sudah terkenal di kalangan pendaki. Keindahannya bisa kamu lihat pada daftar di bawah ini.

1. Danau Kamaka

Danau Kamaka via WisataPriangan

Danau Kamaka terbilang susah diakses dan masih sangat alami. Meski begitu ada pemukiman di dekatnya. Air danau pun dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Danau ini mengalami pasang surut sesuai dengan kondisi musim. Ketika sedang pasang, kamu bisa melihat hamparan air luas berwarna kebiruan. Di sekitarnya terpampang perbukitan hijau yang menenangkan. Lokasi Danau Kamaka berada di Kaimana, Provinsi Papua Barat dengan panjang 30 kilometer dan lebar 1 kilometer.

2. Danau Sentani

Danau Sentani via Instagram/@barcerumkabu

Danau Sentani ini terkenal karena luas dan dikelilingi olah perbukitan. Mirip dengan lautan yang keren. Lokasi Danau Sentani berada di lereng Pegunungan Cyclops dengan luas sekitar 9.360 hektar. Di tengah danau, terdapat 21 pulau-pulau kecil yang menambah daya tarik wisata andalan Papua ini. Karena lokasinya yang tak begitu jauh dengan Jayapura, maka Danau Sentani sudah dikelola dengan baik. Fasilitasnya juga tersedia dan lengkap.

3. Danau Larson

Danau Larson via Instagram/@anugerah_gunung

Danau Larson letaknya ada di jalur pendakian ke Puncak Carstensz dan menjadi hiburan tersendiri untuk para pendaki. Dari kejauhan kombinasi danau dan gunung jadi pemandangan serasi. Seperti bukan di Indonesia. Airnya juga tenang dan biru di sekitarnya juga terdapat batu cadas berukuran besar dan padang rumput.

4. Danau Habema

Danau Habema via Instagram/@endyallorante

Danau Habema serung disebut sebagai danau di atas awan. Letaknya memang berada di ketinggian 3.300 mdpl. Tepatnya di Kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya. Nama Habema diambil dari seorang perwira Belanda yang mengawal tum ekspedisi ke Puncak Trikora tahun 1909. Luas danau mencapai 224,35 hektar dan dikelilingi oleh bukit dan gunung-gunung.

5. Danau Imfote

Danau Imfote via Instagram/@echal

Danau ini bentuk hati sehingga disebut juga dengan telaga Cinta atau Danau Love. Lokasinya tak begitu jauh dari Danau Sentani dengan lokasi di Kampung Puai, Yokini. Kerennya lagi, akses jalan menuju ke sini sudah bagus dan dapat ditempuh dengan mudah. Dari salah satu puncak bukit, kamu bisa menikmati hamparan danau yang indah.

6. Danau Tigi

Danau Tigi via Instagram/@thibraya

Danau Tigi masuk dalam wilayah Kabupaten Dogiyai dan Kabupaten Deiyai. Kedalamannya mencapai 150 meter dan berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut. Di bagian tengah danau terdapat pulau kecil bernama Duamo. Untuk menjelajahinya, kamu bisa menyewa perahu hingga sore hari. Kemudian menikmati matahari terbenam dengan langit yang begitu indah. Jangan lupa berkunjung perkampungan adat setempat dan melihat budaya Papua yang memikat.

7. Danau Rombebai

Danau Rombebai via Instagram/@om_gendu

Luas danau Rombebai mencapai 13749 hektar dan menjadi danau terluas kedua di Papua. Lokasinya cukup dekat dengan Samudera Pasifik dan dialiri oleh Sungai Mamberamo. Pernah ada kejadian ditemukannya ikan hiu di danau. Para ahli meyakini ikan tersebut mengikuti arus sungai Mamberamo hingga sampai di danau.

Itulah tujuh danau di Papua yang dikelilingi oleh keindahan luar bisa. Akses bisa saja susah dan melelahkan. Tapi untuk alam yang menakjubkan, segala pengorbanan tidak akan sia-sia. Kamu sudah tertarik berkunjung ke sana?