Selamat Datang Disitus Resmi Kabupaten Mamberamo Raya Provinsi Papua

Pameran Data dan Informasi Bukti Pemda Selalu Buka Diri

Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa dan rombongan Forkopimda meninjau salah satu stand pameran

BURMESO – Bupati Mamberamo Raya (Mamra) Dominggus Dasinapa A,Ks. S.Sos menyebut pelaksanaan pameran data dan infomasi pemerintah kabupaten Mamra yang berlangsung selama Tiga hari di Burmeso, menjadi ruang publik untuk melihat langsung dan mengetahui kondisi sesungguhnya dari dta dan informasi dari pemerintah.

Serta paling utama adalah bukti bahwa pemda Mamra tak menutup diri, justru sebaliknya siap membuka diri menerima masukan dan kritikan dair

“Sebagaimana saya katakan pada awal pembukaan Pameran pembangunan Data dan Informasi ini bahwa pameran ini memiliki arti penting dan strategis. Penting dan strategis karena melalui sajian informasi yang kita sajikan telah menggambarkan siapa diri kita sesungguhnya walaupun waktunya singkat hanya 3 hari,” kata Bupati Dasinapa dalam sambutannya saat menutup pelaksanaan pameran data dan informasi di lingkungan pemerintah kabupaten Mamberamo Raya, Kamis 15 Agutus 2019.

Dia menjelaskan, pameran kali ini lebih berfokus pada penyajian data atau informasi. artinya apa yang selama ini setiap OPD, Kepala Distrik dan kepala Kampung kerjakan harus tergambar dengan jelas sehingga diketahui bahkan dikoreksi oleh masyarakat.

“Bagian ini penting sebab ketika kita menutup diri dan tidak memberi ruang untuk dikoreksi oleh orang lain maka kita sendiri tidak mengetahui apa kekurangan kita. Kita sendiri telah menyaksikan bahwa harapan  pemerintah sebagaima  disebutkan diatas belum tergambar dengan jelas,” ujarnya.

Bupati Dasinapa tak menampik banyak data-data yang sesungguhnya dipampangkan namun belum bisa di tampilkan. Meski begitu, dirinya memberi apresiasi kepada beberapa stand yang dengan sungguh-sungguh telah menampilkan apa harapan dari tujuan penyelenggaraan pameran ini.

Apalagi, hal berikut bahwa UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik Bab IV bagian kesatu mengatakan: “ Setiap Badan Publik Wajib mengumumkan informasi publik secara berkala. Informasi publik tersebut meliputi informasi yang berkaitan dengan badan publik serta informasi mengenai kegiatan dan kinerja badan Publik.

“Bagian inilah yang saat ini sedang kita laksanakan dalam Pameran Data/Informasi ini dan hal itu telah terujud walaupun belum maksimal. Harapan kita untuk menjadikan pameran ini sebagai sarana untuk saling tukar menukar informasi telah berlangsung selama beberapa hari ini sehingga masyarakat telah menerima informasi  resmi dan tepat dari sumber yang resmi dan terpercaya. Itulah sebabnya maka disetiap stand ada penjaga-penjaga stand yang sudah memberikan penjelasan,” tuturnya lagi.

Tak lupa Bupati Dasinapa juga mengapresiasi semua panitia serta semua pihak yang telah bekerja keras demi terselenggara dan suksesnya kegiatan pameran itu.

“Saya berterima kasih karena beberapa acara telah dilangsungkan diatas panggung hiburan ini termasuk lomba Cerdas Cermat antar Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dengan materi Perda yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. Saya juga ucapkan terima kasih kepada para nara sumber yaitu Kabag Hukum Setda Kabupaten Mamberamo Raya, Kepala Seksi pengaduan sengketa dari Dinas Lingkungan hidup dan Kadin Kominfo yang telah memprakarsai kegiatan lomba, serta semua pihak lainnya,” pungkas Bupati Dasinapa. (kominfo)