Bertempat di Aula Kantor  Badan Perencanaan dan Pembangunan Wilayah (Bappeda) Kabupaten Mamberamo Raya, selasa 11 Juli 2023 dilaksanakan kegiatan Launching atau Peluncuran Program Yayasan Intsia di Tanah Papua tahun 2023-2027.

Sambutan Bupati Mamberamo Raya yang diwakili oleh Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Mamberamo Raya pada Kegiatan Launching Program Kerja Yayasan Intsia di Tanah Papua di Mamberamo Raya Tahun 2023 – 2027 (Foto, Vin)

Yayasan INTSIA merupakan salah satu lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dibidang lingkungan hidup, pendampingan masyarakat untuk pengembangan ekonomi dan penguatan hak-hak masyarakat adat di Tanah Papua. Yayasan ini telah bekerja di Kabupaten Mamberamo Raya sejak tahun 2018 dengan fokus utama pada kawasan konservasi suaka margasatwa Mamberamo Foja dan Kawasan hutan produksi di Distrik Benuki. Keberadaan Masyarakat adat didalam kawasan konservasi Suaka Margasatwa Mamberamo Foja menjadi salah satu alasan  Yayasan INTSIA mengupayakan perubahan status dari Suaka Margasatwa menjadi Taman Nasional agar dapat mengakomodir keberadaan masyarakat adat didalam kawasan konservasi.   Yayasan INTSIA juga telah melakukan pemetaan wilayah adat dan pendampingan masyarakat untuk pengembangan ekonomi melalui budidaya kakao pada 9 kampung didalam Suaka Margasatwa Mamberamo Foja, dan 3 kampung di Distrik Benuki Kabupaten Mamberamo Raya.

Acara tersebut dibuka oleh Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Mamberamo Raya, Drs. Yusuf Mayabubun mewakili Bupati Kabupaten Mamberamo Raya. Dalam sambutannya bupati mengharapkan adanya kerjasama dari berbagai pihak termasuk Yayasan Intsia di Tanah Papua, mengingat kabupaten Mamberamo Raya memiliki wilayah administratif yang luas dengan keberadaan masyarakat adat yang sulit dijangkau serta sumber daya alam yang perlu dikelola secara berkelanjutan. “ Kemitraan yang dilakukan didasarkan pada tujuan bersama untuk membangun kabupaten Mamberamo Raya yang sejahtera” demikian disampaikan oleh Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Mamberamo Raya.

Pada kesempatan yang sama, Bastian Wamafma, Direktur Yayasan Intsia di Tanah Papua menyampaikan bahwa tahun 2023-2027 Yayasan Intsia akan berfokus pada dua tujuan utama di kabupaten Mamberamo Raya yaitu  Terbentuknya kerangka legalitas hukum pengakuan dan perlindungan hak masyarakat adat kabupaten Mamberamo raya melalui Peraturan daerah dan meningkatkan pengolahan sumber daya alam untuk ekonomi masyarakat melalui kegiatan pendampingan masayarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah melalui OPD, DPR Kabupaten Mamberamo Raya, Dewan Persekutuan Masyarakat Adat Kabupaten Mamberamo Raya, LMA AGW, Tokoh Agama, Kamar Adat Pengusaha Papua Kabupaten Mamberamo Raya dan Asosiasi Petani Kakao Kabupaten Mamberamo Raya.

Dalam acara launching ini  juga ditandai dengan penyerahan draft Peraturan Daerah Pengakuan dan Perlindungan Hak Masayakat Hukum Adat Kabupaten Mamberamo Raya dan dua buku hasi kajian Yayasan Intsia tentang Mamberamo oleh Bastian Wamafma Direktur Yayasan Intsia kepada Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya yang diterima oleh Drs Yusuf Mayabubun Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Mamberamo Raya, dan kepada DPR Kabupaten Mamberamo Raya yang diterima oleh Donie Pateh Ketua Komisi Satu. (Vin – Bappeda MR).

Loading

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *