Selamat Datang Disitus Resmi Kabupaten Mamberamo Raya Provinsi Papua

Pemkab Mambra Gelar Upacara Peringati HKN Ke -55

Asisten III setda Kabupaten Mambra .Drs. Ramses Asmutuf, S. Sos saat membacakan sambutan Menkes

Kasonaweja – Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya (Mambra) menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional  (HKN) ke 55,Selasa (12/11/2019).

Tema HKN kali ini adalah ” Generasi Sehat Indonesia Unggul “

Asisten III setda Kabupaten Mambra .Drs.  Ramses Asmutuf,  S. Sos saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI ,Terawan Agus Putranto mewakili Bupati mengatakan,perhatian pemerintah dalam kurun 5 tahun mendatang diprioritaskan pada pembangunan sumber daya manusia.

Sebagaimana arahan presiden republik Indonesia , bahwa ada dua sisi kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) “ Ujar mentri Terawan Agus Putranto.

Berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet lalu, yang ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia Indonesia setiap tahun “Kata Mentri.

Lanjut dikatakan ,salah satu parameter yang diukur adalah usia harapan hidup, isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan.

Tentu dengan menurun angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB ”Ungkapnya.

“Bahkan dalam kurun waktu 5 tahun angka stunting telah berhasil diturunkan hampir 10%” Cetusnya.

JKN lanjut dikatakan, telah dilaksanakan sepenuhnya walaupun besar tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan .

Kita patut berbangga bahwa pembangunan kesehatan dalam 5 tahun terakhir ini yang dirasakan manfaatnya, namun kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai permasalahan yang masih ada dalam proses pembangunan kesehatan di tanah air ‘Ujarnya.

” Pelaksanaan Tata kelola pembangunan kesehatan di daerah serta pemanfaatan anggaran harus dilaksanakan dan dikelola secara baik benar dan bertanggung jawab akuntabel transparan “pinta Agus.

Dalam perspektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan dua kekuatan yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan.

Sementara Asisten III sendiri  mengatakan, bila kita  Setia bekerja maka,  pasti anak cucu diberkati,sembari  meminta kesetiaan semuanya untuk terus bekerja untuk melayani masyarakat“Pungkasnya.

Hadir pada upacara tersebut,Pabung Mamberamo Raya,  Kapolres, Pimpinanan OPD, Toga ,Tomas,  Topem dan komponen masyarakat serta seluruh tenaga kesehatan Mamra.

Peringatan HKN ,diakhiri dengan pemusnahan  makanan dan minuman kadaluarsa .

(kominfo).