JAYAPURA – Akselerasi atau percepatan eliminasi malaria di 9 kabupaten/kota kasus tertinggi nasional, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Mamberamo Raya, Asmat, Boven Digul, Mimika dan Yapen telah dicanangkan Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan pada 5 Oktober 2022 yang lalu di Sentani. Target pada tahun 2030, seluruh kabupaten/kota di Indonesia telah eliminasi malaria. Termasuk di 9 kabupaten/kota percepatan.  Indikator yang ditetapkan  adalah: (1) tidak ditemukan lagi kasus malaria indigenous (setempat), (2) angka Annual Parasite Incidence (API) kurang dari 1 per 1.000 penduduk kabupaten/kota.

Sosialisasi Pencegahan Penyakit Menular di Wilayah Puskesmas Poiwai

Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya berkomitmen eliminasi malaria dicapai selambat-lambatnya pada tahun 2027. Kemudian diikuti 3 tahun masa pemeliharaan sampai pada 2030. Untuk mencapai target ini, pemerintah telah menyiapkan kebijakan dan strategi sebagai panduan. Pertama, mengoptimalkan Malaria Center sebagai pusat informasi, kooordinasi lintas sektor dan monitoring evaluasi upaya percepatan. Kedua, memfasilitasi pemerintah distrik dan kampung dengan Perbup Pedoman Akselerasi Eliminasi Malaria yang salahsatu pasalnya mengatur alokasi dana kampung untuk percepatan eliminasi malaria. Ketiga, memastikan tersedia SDM berkualitas di semua layanan kesehatan. SDM dan program yang beririsan dengan program malaria adalah adalah dokter, PJ program malaria, mikroskopis, PJ kesehatan lingkungan, PJ promkes, PJ imunisasi, PJ KIA (Kesehatan Ibu Anak), PJ MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit) dan farmasi.

Pemeriksaan Malaria di Wilayah Puskesmas Kay

Jon Kalvin Maitindom, SKM, M.Kes sebagai Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Raya bersama Malaria Center akan mengawal perencanaan dan pelaksanaan kegiatan akselerasi malaria di tahun 2023. Hal ini dikemukakan beliau saat mempresentasikan kemajuan program malaria Kabupaten Mamberamo Raya melalui zoom di  Pertemuan Evaluasi Percepatan Eliminasi Malaria di 9 kabupaten/kota Provinsi Papua yang dilaksanakan pada 12-13 Desember 2022 di Jayapura. Pertemuan yang difasilitasi Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan UNICEF ini dihadiri pemerintah dari 9 kabupaten/kota akselerasi eliminasi malaria, tim kerja penyakit tular vector Kementerian Kesehatan, pendamping UNICEF di 9 kabupaten/kota, Gapai Harapan Papua, PERDHAKI dan beberapa puskesmas kota Jayapura, Sentani dan Keerom.(Malaria Center Mamberamo Raya)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://ambarnathcouncil.net/