Selamat Datang Disitus Resmi Kabupaten Mamberamo Raya Provinsi Papua

Susun Rencana induk e-Government Pemkab Mambraya MoU Dengan USTJ

Bupati Mamberamo Raya Proses Penandatangan MoU

Jayapura, – Untuk menyusun rencana induk e-Government .maka Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya (Mambraya) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)  dengan pihak kampus USTJ.

Terutama di bidang komunikasi dan Informatika yang tentu sejalan dengan visi dan misi Bupati Dorinus Dasinapa, A.Ks, S.Sos dan wakilnya Yakobus Britai,untuk pengembangan penyusunan rencana induk e-Government.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman oleh kedua belah pihak,  Selasa (9/4/2019).

Bertempat di ruang rapat Wakil Rektor, turut hadir Kepala Dinas Kominfo Mambraya, Moses Sroyer, Sekretaris Dinas, Wakil Rektor USTJ, serta Dekan Fakultas Komunikasi Informasi Julius Palumpun, M.SC.

Kerja sama ini guna mendukung kelancaran komunikasi antar OPD, badan dan lembaga yang ada serta membuka diri untuk masyarakat luas.

Yaitu melalui program berupa pemanfaatan e-Government  untuk memperbaiki kualitas layanan dari pemerintah kepada para stakeholder, terutama yaitu dalam hal-hal kinerja yang efektif serta efisiensi dan transparan.

Dengan terobosan ini maka akan meningkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

Bupati Dornus dalam pernyataannya mengakui kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat serta potensi pemanfaatannya secara luas membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi secara cepat dan akurat.

Sehingga tujuan penyusunan rencana induk pengembangan e-Government ini tentu sebagai penataan sistem pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta memperlancar komunikasi antar organisasi perangkat daerah.

“Saya secara pribadi berterima kasih kepada Tuhan yang telah memberikan hikmat untuk kita sehingga ada kerjasama terkait pengembangan e-Government,” ungkapnya.

Dengan demikian, Kabupaten Mambraya yang tadinya tertinggal bisa membuka diri  untuk diketahui oleh pihak lain melalui teknologi ini.

“Harapan saya kepada masyarakat  agar dapat mendukung program ini sehingga semuanya bisa terjangkau dengan teknologi,” harap Bupati.

Ia menekankan agar MoU ini dijalani dengan baik. Sekali pun tiba masa pemerintahan baru tetapi  kerjasama ini harus tetap dijaga.

Pemerintah, tegas Bupati, sangat mengharapkan perubahan sehingga secara emosional pihak manapun  dapat membantu  kabupaten ini.

“Untuk itu, kami dengan senang hati membuka pintu untuk siapa pun yang datang untuk membantu kita di kabupaten Mamberamo Raya,” tegasnya.

Lanjutnya, pengembangan e-Government ini juga tidak terlepas dari kesiapan jaringan internet.

Terkait itu, Bupati mengaku telah berupaya bahkan Dinas Kominfo selalu berkomunikasi ke Jakarta dengan pihak Telkom sehingga mereka tetap fokus di kabupaten ini untuk mendorong jaringan internet segera dapat dinikmati.

Karena, masyarakat setempat menurut Bupati sangat membutuhkan pelayanan yang transparan dari Pemerintah.

“Sebagai Bupati, saya sangat mendukung penyusunan rencana induk e-Government ini karena dengan begitu maka kita memberikan pelayanan yang transparan kepada masyarakat,” tandasnya.

Bupati pastikan akan tetap mendorong Kepala Dinas Kominfo Mambraya dan jajaran untuk terus melakukan koordinasi dengan pihak USTJ terkait program dimaksud.

“Karena apa yang kita lakukan saat ini tentu Tuhan tahu karena kita berjuang untuk masyarakat Papua yang ada di Kabupaten Mamberamo Raya,” tukasnya.

Wakil Rektor USTJ Bidang Kerjasama Suyatno menambahkan, USTJ sebagai lembaga pendidikan tinggi selalu mendorong terbentuknya pemerintahan yang bersih dan transparan.

“Kita ingin selalu mendorong, shingga ini adalah salah satu arah untuk menuju pemerintahan yang bersih dan transparan,” harapnya.

Suyatno mengakui juga USTJ memiliki tenaga-tenaga yang mumpuni dalam bidang IT.

Pada prinsipnya, USTJ siap mendorong untuk bagaimana implementasi  pemerintahan yang bersih dan yang transparan.

“Serta bagaimana upaya-upaya yang dilakukan secara bertahap  dari waktu ke waktu terus kita dorong untuk pembentukan sistem pemerintahan yang bersih,” tukasnya.

(KOMINFO Mambraya)